Selasa, 03 Mei 2011

Mengganti hardware untuk meningkatkan kerja pc

Mengganti hardware untuk meningkatkan kerja pc

 

jika kamu merasa kemampuan komputer kamu kurang mendukung kebutuhan dan terasa lebih lamban daripada saat kamu pertama kali membeli maka ada baiknya kamu mengganti beberapa komponen komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Komponen dasar yang umumnya diganti adalah Prosessor, Hardisk, VGA card, Motherboard, Sound Card dan CD ROM. Motherboard
Lakukan cek terlebih dahulu terhadap motherboard apakah motherboard kamu support terhadap komponen pengganti yang akan dipasang seperti RAM, slot (PCI,AGP,ISA). Khusus untuk AGP apakah AGP 1X, 2X atau 4X. Sedangkan untuk upgrade prosessor, lihat juga apakah motherboard kamu mendukung terhadap prosessor yang kamu inginkan. Jika ternyata motherboard kamu tersebut sudah mendukung prosessor yang kamu inginkan maka prosessor yang baru tersebut hendaknya mendukung kecepatan bus yang sama dengan motherboard.
RAM
Penambahan memory sangat baik sebab akan meningkatkan akses dan kerja computer secara signifikan. Hal ini terasa ketika kamu menjalankan beberapa aplikasi bersamaan dalam satu waktu, misalkan kamu menjalankan windows, kamu juga menjalankan aplikasi lain seperti corel, photoshop dan banyak lagi. Kenali memory kamu apakah menggunakan slot SIMM atau DIMM? Clock ram juga harus sama dengan clock motherboard agar didapatkan kerja yang maksimal. Jika kamu menggunakan dua buah keping RAM maka gunakan clock RAM yang sama, jika salah satu lebih rendah clocknya maka keseluruhan RAM akan bekerja pada clock yang lebih rendah.
Prosessor
mengganti prosessor baru merupakan cara yang sangat sering dilakukan namun ada hal yang perlu diperhatikan yaitu motherboard kamu harus mendukung kecepatan bus dari prosessor. Clock speed dari prosessor makin cepat makin baik.
Hardisk
Prosesor yang bagus dan RAM yang besar memang akan meningkatkan kerja computer, namun agar bisa bekerja dengan lebih baik tentu dibutuhkan media penyimpanan dengan kapasitas yang cukup besar. Kebutuhan kapasitas hardisk yang besar disebabkan oleh perkembangan software yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Untuk komputer lama, cek apakah BIOS kamu mendukung dan mampu menangani hardisk dengan kapasitas besar.
Monitor.
Monitor yang baik adalah yang harus mendukung resolusi yang tinggi sehingga tampilan yang dihasilkan akan lebih tajam dan terlihat nyata. Monitor flatscreen bisa menjadi pilihan jika dana kamu cukup. Dukungan terhadap warna juga sangat mempengaruhi.
VGA
Bagi penggemar game kualitas kartu grafis sangat mempengaruhi performa game. Upgrade kartu grafis sangat dibutuhkan bila game yang kamu mainkan termasuk game yang berat. Yang perlu kamu perhatikan adalah kecepatan dari RAMDAC kartu grafis. Semakin cepat RAMDAC maka semakin halus tampilan gambar yang dihasilkan. Pilihlah kartu grafis dengan kecepatan RAMDAC minimal 250 mhz dan jangan lupa untuk selalu update driver terbaru kartu grafis tersebut. Tapi bagi kamu yang sekedar menggunakan komputer untuk mengetik maka upgrade VGA tidak terlalu penting.
Port
Untuk komputer masa kini port yang disediakan biasanya sudah cukup tetapi untuk komputer generasi lama mungkin port yang ada tidak lengkap sehingga kamu perlu menambahkan port tambahan. Kamu dapat menambahkan kartu add-in ke dalam motherboard tetapi harus di periksa apakah motherboard kamu mendukung atau tidak untuk penambahan port.
Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar